Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

  • Maskarto Lucky Nara Rosmadi
Keywords: Strategi Bisnis, Media sosial, Daya beli konsumen

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi bisnis yang diterapkan oleh pelaku Usaha
Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi pandemi covid-19. objek penelitian
adalah industri makanan ringan dengan merek dagang Waroenk Ngemil yang terletak di Jalan
Sadang Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data bahwa strategi bisnis dalam
memasarkan hasil produksinya adalah melalui media sosial. Dari hasil penelitian di atas, maka
dapat diuraikan bahwa strategi ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dengan
memperhatikan daya beli konsumen di masa pandemi covid-19 ini. Namun demikian, dengan
menggunakan sarana media sosial, maka dana yang dibutuhkan oleh pelaku usaha kecil berdampak
pada berkurangnya modal usaha. Dari uraian di atas dapat disimpulkan, bahwa peran pemerintah
dan perbankan sangat penting terutama berkaitan dengan pelatihan dalam penggunaan teknologi
informasi agar produk usaha kecil tetap dapat bertahan di tengah pandemi covid-19.

Published
2020-11-11