Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dan DampaknyaTerhadap Kinerja Karyawan di PT. Pos Indonesia Lubuklinggau
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji beban kerja terhadap kepuasan kerja karyawan, beban kerja terhadap kinerja karyawan, kepuasan kerja karyawan terhadap kinerja karyawan, dan beban kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai mediasi. Penelitian ini dilakukan di PT. Pos Indonesia Lubuklinggau dengan jumlah populasi 30 orang, Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan hubungan kausal dan jenis data primer.Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara dan observasi dengan media kuisioner. Metode analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan SMART-PLS(Partial Least Square) 3.0. Hasil penelitian menunjukkan konstruk eksogen beban kerja memiliki pengaruh positif dengan konstruk kepuasan kerja karyawan. Nilai t-statistik sebesar 9,513 lebih besar dari 1.96. tetapi pada konstruk eksogen beban kerja berpengaruh negatif dan signifikan (O=0.148) dengan konstruk kinerja karyawan. Nilai t-statistik ini sebesar 0.596 lebih kecil dari 1.96. untuk kepuasan kerja karyawan berpengaruh positif dengan konstruk kinerja karyawan. Nilai t-statistik pada hubungan konstruk ini sebesar 2,458 lebih besar dari 1.96, dan nilai p value sebesar 0.014 lebih kecil dari 0.05. di nilai indirect effect untuk pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan. nilai t-statistik 2,238 lebih besar dari 1,96 (t-tabel). Dengan Nilai signifikansi 0,026. Serta hasil Uji Goodness Of Fit (GOF) diperoleh nilai 0.5.