Determinan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada Karyawan Pt Bank Central Asia Cabang Utama Pasar Baru Jakarta

  • Adi Wijaya Universitas Persada Indonesia YAI
  • Marhalinda Marhalinda Universitas Persada Indonesia YAI
  • Rinaldi Rinaldi Universitas Persada Indonesia YAI
Keywords: Pengembangan Karir, Kompetensi, Kompensasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir, kompetensi dan kompensasi baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja pada karyawan PT Bank Central Asia Cabang Utama Pasar Baru Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Bank Central Asia Cabang Utama Pasar Baru Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey deskriptif dan survey eksplanatory dengan ukuran sampel sebanyak 285 responden, serta metode analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Model) versi 8.80

Hasil penelitian pada persamaan 1 menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara bersama-sama pengembangan karir, kompetensi dan kompensasi terhadap kepuasan kerja dengan kontribusi sebesar 88% dan sisanya sebesar 12% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan kerja adalah variabel kompetensi dengan dimensi yang paling merefleksikan adalah kemampuan.

Hasil penelitian pada persamaan 2 menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara bersama-sama pengembangan karir, kompetensi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan dengan kontribusi sebesar 72% dan sisanya sebesar 28% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Variabel yang paling dominan mempengaruhi kinerja karyawan adalah variabel kepuasan kerja dengan dimensi yang paling merefleksikan adalah rekan kerja. Variabel kepuasan kerja selain dominan juga berperan sebagai variabel full mediating bagi pengembangan karir, kompetensi dan kompensasi dalam mempengaruhi kinerja karyawan. Untuk meningkatkan kinerja karyawan, terutama untuk dimensi pengetahuan maka perlu meningkatkan kepuasan kerja terutama pada dimensi rekan kerja, untuk pengembangan karir terutama pada dimensi prestasi kerja, untuk kommpetensi terutama pada dimensi kemampuan dan untuk kompensasi terutama pada dimensi kompensasi langsung

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-15
How to Cite
Wijaya, A., Marhalinda, M., & Rinaldi, R. (2021). Determinan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada Karyawan Pt Bank Central Asia Cabang Utama Pasar Baru Jakarta. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(2), 228-239. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/1336