ANALISA FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Nana Trisnawati Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Ria Riefianti Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Amdani Amdani Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstrak

Persaingan skincare di era globalisasi semakin ditandai dengan semakin meningkat persaingan antar perusahaan
kosmetik yang semakin ketat, perusahaan kosmetik skala besar, menengah, dan kecil yang memproduksi dan menjual
merek makeup dan skincare dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Salah satu perusahaan skincare
teratas di Indonesia adalah Scarlett. Untuk bersaing dengan perusahaan skincare lain, Scarlett menggunakan selebriti
sebagai strategi pemasaran mereka. Scarlett merangkul salah satu endorser, Song Jong Ki. Beliau dipilih karena
popularitas dan kemampuannya untuk mempromosikan produk serta menyesuaikannya dengan citra Scarlett. Strategi
ini dianggap berhasil karena efek penggunaan celebrity endorser meningkatkan popularitas dan penjualan Scarlett.
Oleh karena itu strategi pemasaran menggunakan selebriti sebagai endorser dapat dilakukan kembali karena efektif
tetapi perlu mempelajari lebih lanjut tentang faktor pendukung selebriti untuk mewakili Scarlett dengan baik.
Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor pendukung dari selebriti
(keahlian, daya tarik, kepercayaan, dan kecocokan), citra merek, kualitas produk dan keputusan pembelian. Jenis
penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan
pendekatan survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mendapatkan data. Teknik purposive sampling
yang berasal dari teknik pengambilan sampel non probabilitas digunakan untuk pemilihan sampel. Sampel penelitian
ini sebanyak 100, dari orang-orang yang berusia minimal 17 tahun dan mengetahui bahwa Song Jong Ki adalah
selebriti endorser Scarlett serta pernah membeli produk Scarlett. Perangkat lunak statistik SPSS 25.0 digunakan untuk
menganalisis data. Temuan penelitian ini akan membantu Scarlett dan pelaku bisnis lainnya untuk memahami dari
endorser selebriti sebagai strategi pemasaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-11-07