PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X BISNIS RITEL SMK NEGERI 13 MEDAN PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PEMASARAN T.A 2024/2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa kelas X Bisnis Ritel SMK Negeri 13 Medan pada mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran Tahun Ajaran 2024/2025. Model pembelajaran Flipped Classroom merupakan pendekatan pembelajaran inovatif yang membalik aktivitas pembelajaran tradisional, dengan menempatkan kegiatan eksplorasi materi dilakukan secara mandiri di rumah melalui video pembelajaran, dan aktivitas pendalaman serta diskusi dilakukan di kelas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Bisnis Ritel yang berjumlah 35 orang dan dipilih dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penerapan model Flipped Classroom. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Selain itu, uji normalisasi gain menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar berada pada kategori sedang. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran.