Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemandirian Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2023 Universitas Negeri Medan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemandirian belajar dan motivasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis angkatan 2023 di Universitas Negeri Medan. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experimental) menggunakan desain pre-test dan post-test dengan kelompok kontrol. Populasi penelitian meliputi seluruh mahasiswa Stambuk 2023 (N ≈ … orang), dan sampel diambil secara purposive sampling sebanyak … mahasiswa, terbagi dalam kelompok eksperimen (menggunakan Problem Based Learning) dan kelompok kontrol (menggunakan metode konvensional).Instrumen yang digunakan berupa angket kemandirian belajar dan motivasi belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (α > 0,70). Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif serta uji inferensial berupa uji-t untuk melihat perbedaan rata-rata dan regresi linier untuk mengevaluasi pengaruh PBL terhadap variabel dependen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan yang signifikan pada kemandirian belajar mahasiswa setelah penerapan MBL (t = …, p < 0,05), (2) motivasi belajar mahasiswa juga meningkat secara signifikan pada kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol (t = …, p < 0,05), dan (3) Problem Based Learning berpengaruh positif signifikan terhadap kemandirian belajar dan motivasi belajar secara simultan (R² = …, F = …, p < 0,05). Temuan ini selaras dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan motivasi memiliki korelasi positif signifikan Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar dan motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2023. Rekomendasi penelitian ini adalah agar dosen mengintegrasikan elemen-elemen PBL dalam perancangan kurikulum dan proses pembelajaran, serta dilakukan penelitian lanjutan pada angkatan atau prodi lainnya untuk menguji generalisasi hasil.