Pengaruh Market Orientation Terhadap Business Performance pada Bisnis Feysen di Kota Bandung

  • Septri Anisa Politeknik Negeri Medan
  • Andreas Panjaitan Politeknik Negeri Medan

Abstrak

Jumlah wirausaha perempuan menunjukkan peningkatan yang konsisten setiap tahunnya. Di Provinsi Jawa Barat, sektor fesyen menempati posisi kedua tertinggi dalam industri kreatif, dengan jumlah wirausaha perempuan lebih banyak dibandingkan dengan wirausaha laki laki. Situasi ini mengakibatkan meningkatnya persaingan antara pemilik usaha perempuan dan laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi korelasi antara orientasi pasar dan kinerja bisnis wirausaha perempuan di industri fesyen kota Bandung. Tujuan utamanya adalah untuk menilai sejauh mana kondisi pasar memengaruhi terhadap hasil bisnis. Dengan pendekatan penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada wirausaha perempuan yang telah menjalankan bisnis fesyen mereka minimal selama 2 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar memberikan dampak positif terhadap kinerja bisnis.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2025-03-03