PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DENGAN LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN KOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA KELAS X MPLB DI SMKS BUDISATRYA MEDAN T.A 2024/2025

  • Windah Sulastri Gultom Universitas Negeri Medan
  • Rotua Sahat Pardamean Simanullang Universitas Negeri Medan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share dengan
Learning Start with a Question untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MPLB di SMKS
Budisatrya Medan T.A 2024/2025 pada elemen komunikasi di tempat kerja. Metode penelitian
menggunakan Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MPLB SMKS Budisatrya Medan
T.A 2024/2025. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh. Berdasarkan
hasil penelitian, didapatkan peningkatan hasil belajar siswa pada elemen sistem informasi dan
komunikasi organisasi yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji hipotesis (Paired Samples T-Test)
diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0.000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05
(𝛼 < 0.05). Selain itu berdasarkan Paired Samples Statistics, rata-rata (mean) nilai Posttest hasil
belajar siswa adalah 89.39, sedangkan rata-rata (mean) nilai Pretest hasil belajar siswa adalah 62.36.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Think-Pair-Share dengan Learning
Start with a Question berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada elemen
komunikasi di tempat kerja kelas X MPLB Di SMKS Budisatrya Medan T.A 2024/2025.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2025-07-07