PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU RECITATION METHOD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMKN 6 MEDAN
Abstrak
Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar merupakan dua komponen penting yang saling berkaitan dalam mendukung tercapainya proses pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan model Problem Based Learning berbantu Recitation Method dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan yang mencakup empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 35 siswa kelas XI AKL 2 SMK Negeri 6 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 60,66% dan meningkat menjadi 75,16% pada siklus II. Sementara itu, persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal meningkat dari 62,86% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning berbantu Recitation Method terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.