PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASIPERKANTORANANGKATAN 2022 FAKULTAS EKONOMI UNIMED

  • Yunita Sari Nasution Universitas Negeri Medan
  • Ellys Siregar Universitas Negeri Medan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan penggunaan media sosial TikTok terhadap kewirausahaan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2022 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Permasalahan dalam penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat mahasiswa untuk memulai usaha sendiri serta pemanfaatan media sosial yang belum optimal untuk kegiatan kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2022 yang berjumlah 63 orang, menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan dengan koefisien regresi 16,160 dan signifikan 0,001 terhadap wirausaha, penggunaan media sosial TikTok juga berpengaruh positif dan signifikan dengan koefisien 109,878 dan signifikan 0,000 terhadap wirausaha, serta secara simultan efikasi diri dan penggunaan media sosial TikTok berpengaruh signifikan dengan nilai Fhitung 772,996 dan signifikansi 0,000 terhadap wirausaha mahasiswa. Nilai R2 sebesar 0,962 menunjukkan bahwa 96,2% variasi kedua variabel tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam mengembangkan strategi pendidikan kewirausahaan yang berbasis digital

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2025-07-07