PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI APLIKASI PERKANTORAN BERBASIS GAMIFIKASI BERBANTUAN CLASSPOINT DI SMK NEGERI 7 MEDAN TA. 2024/2025

  • Anna Mayasari Manik Universitas Negeri Medan
  • Tauada Silalahi Universitas Negeri Medan

Abstrak

Pengembangan bahan ajar berbasis gamifikasi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan selama proses pembelajaran pada materi aplikasi perkantoran, antara lain penggunaan bbahan ajar yang masih bersifat konvensional dan kurang bervariasi, serta keterbatasan akses laboratorium komputer yyang berdampak pada rendahnya motivasi belajar peserta didik. Kondisi tersebut mengakibatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran belum optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis gamifikasi berbantuan Classpoint yang dapat digunakan dalam pembelajaran, (2) mengetahui tingkat validitas bahan ajar yang dikembangkan melalui penilaian ahli materi dan ahli bahasa, serta (3) mengetahui tingkat kepraktisan bahan ajar tersebut berdasarkan respon guru dan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh melalui angket dari validator ahli materi, validator ahli bahasa, respon peserta didik, serta penilaian guru mata pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar interaktif berbasis gamifikasi pada materi aplikasi perkantoran yang dikembangkan dapat dijadikan alternatif inovatif dalam mendukung pembelajaran interaktif, (2) bahan ajar memenuhi kriteria “Sangat Valid” berdasarkan hasil validasi ahli materi sebesar 91,14% dan ahli bahasa sebesar 91,66%, (3) bahan ajar dinyatakan “Sangat Praktis” berdasarkan respon peserta didik dan penilaian guru, dengan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 86,82%, uji coba lapangan sebesar 88,57%, dan penilaian guru mencapai 100%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar materi aplikasi perkantoran berbasis gamifikasi berbantuan Classpoint ttelah memenuhi kriteria valid, praktis, dan layak digunakan untuk mendukung pembelajaran interaktif pada materi aplikasi perkantoran di SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Temuan ini sekaligus menegaskan efektivitas integrasi PowerPoint dengan media digital Classpoint dalam menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan partisipatif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2025-07-07