PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK SWASTA INDONESIA MEMBANGUN 1 MEDAN
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa di SMK Swasta Indonesia
Membangun 1 Medan yang belum optimal selama tahun ajaran 2023–2024. Hal ini diduga
disebabkan oleh rendahnya motivasi belajar serta disiplin belajar yang belum memadai.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan disiplin
belajar terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini jenis penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI TKJ di SMK Swasta Indonesia Membangun Medan sebanyak 30
siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Data yang
digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisis data dilakukan dengan metode regresi
linear berganda menggunakan bantuan program SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linear berganda yang diperoleh
adalah:Y = -5,738 + 0,371X₁ + 0,439X₂ + e, yang menunjukkan bahwa motivasi belajar
(X₁) dan disiplin belajar (X₂) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa (Y). Hasil
uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan
terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung = 6,861 > ttabel = 2,05183. disiplin belajar
juga berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung = 4,401> ttabel = 2,05183.
Hasil uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa Fhitung = 78,813 > Ftabel = 3,35, yang
berarti motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan
terhadap prestasi belajar siswa. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,843 atau 84,3%,
menunjukkan bahwa motivasi belajar dan disiplin belajar mampu menjelaskan 84,3%
variasi dalam prestasi belajar siswa, sementara sisanya sebesar 15,7% dijelaskan oleh
faktor lain di luar model, seperti lingkungan keluarga, dan kondisi psikologis siswa