Pengaruh Kesadaran Merek, Promosi, dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Showroom Liman Jaya Motor
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh Kesadaran Merek, Promosi,
dan Harga terhadap Minat Beli pada Showroom Liman Jaya Motor. Metode pengambilan sampel
menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah populasi sebanyak 380 responden
dan jumlah sampel akhir sebesar 77 responden. Data analisis menggunakan outer model, inner
model, dan uji hipotesis. Novelty pada penelitian ini yaitu bahwa variable harga tidak berpengaruh
dan tidak signifikan terhadap minat beli. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Kesadaran
Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli pada Showroom Liman Jaya Motor,
dan variabel Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli pada Showroom Liman
Jaya Motor, sedangkan variabel Harga tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Minat
Beli pada Showroom Liman Jaya Motor. Besarnya R-Square yang dijelaskan oleh ketiga variabel
terhadap Minat Beli adalah sebesar 49,2%. Dalam penelitian ini, variabel yang memiliki pengaruh
paling dominan adalah kesadaran merek, dengan nilai F² sebesar 0,381. Implikasi dari penelitian bagi
perusahaan terus memperkuat kesadaran merek serta mengoptimalkan efektivitas strategi promosi
yang diterapkan. Meskipun variable harga bukan merupakan faktor utama dalam meningkatkan
minat beli, perusahaan tetap perlu mempertimbangkan strategi penetapan harga yang kompetitif agar
tetap relevan di pasar dan mampu menarik lebih banyak pelanggan.
ABSTRACT
This study aims to examine whether there is an influence of Brand Awareness, Promotion, and
Price on Purchase Intention at Liman Jaya Motor Showroom. Using the simple random sampling
method, the study involved 380 respondents with a final sample size of 77. Data analysis was
performed using the outer model, inner model, and hypothesis testing. The novelty of this research
lies in the finding that the price variable does not have a significant and positive effect on purchase
intention. The results of the study show that the Brand Awareness variable has a positive and
significant effect on Purchase Intention at Liman Jaya Motor Showroom, and the Promotion variable
has a positive and significant effect on Purchase Intention at Liman Jaya Motor Showroom, while
the Price variable does not have a positive and significant effect on Purchase Intention at Liman
Jaya Motor Showroom. The R-Square value explained by the three variables on Purchase Intention
is 49.2%. In this study, the most dominant variable affecting purchase intention is brand awareness,
with an F² value of 0.381. The implications of this research for the company are to continue
strengthening brand awareness and optimizing the effectiveness of the promotional strategies
applied. Although the price variable is not a major factor in increasing purchase intention, the
company still needs to consider a competitive pricing strategy to remain relevant in the market and
attract more customers.


