Pengaruh Food Vlogger sebagai Media Promosi Kuliner terhadap Minat Berwirausaha Digital Mahasiswa di Semarang

  • Wahyu Maulidah Aristiyani Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Muhammad Aris Sandi Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Ratih Pratiwi Universitas Wahid Hasyim Semarang

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian dilaukan dengan tujuan menguji pengaruh foog vlogger sebagai media promosi seni kuliner terhadap minat mahasiswa berwirausaha digital. Metode pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling digunakna sebanyak 33 responden. Alat ukut diuji validitasnya melalui korelasi Pearson Product Moment (r dihitung > r tabel = 0.344) dan reabilitasnya diperoleh dari Cronbach's Alpha (> 0.600). Analisa data dilaksanakan dengan uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi (R²). Hasilnya ditemukan bahwa food vlogger berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam kewirausahaan digital secara positif dan signifikan, dimana sumbangan pengaruhnya mencapai 33%. Temuan ini mendukung teori pemasaran digital (Kotler & Keller, 2016); Kaplan & Haenlein, 2010), yang menegaskan peranan sosial media memperluas cakupan promosi dan menaikkan engagement konsumen. Hasil penelitian ini di harapkan dapat turut memperkaya penelitian di ranah bisnis digital dan dijadikan landasan untuk penelitian lanjutan terkait strategi promosi kuliner lewat sosial media.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2026-07-06