Pengaruh Brand Loyalty terhadap Electronic Word Of Mouth (E-WOM) pada Kopi Boy di Jepara
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari loyalitas merek terhadap Electronic Word of Mouth
(E-WOM) di kalangan konsumen Kopi Boy.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, yaitu memilih responden yang telah
membeli produk Kopi Boy atau telah memberikan ulasan di platform media sosial. Total sampel dalam studi
ini adalah 112 responden yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert 1–5. Data
yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat lunak
SPSS versi 27. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dampak positif dan signifikan dari
loyalitas merek terhadap E-WOM. Dengan kata lain, semakin kuat loyalitas konsumen terhadap Kopi Boy,
maka semakin tinggi juga kemungkinan mereka untuk berbagi pengalaman positif di media sosial.
ABSTRACT
This research aims to analyze the influence of brand loyalty on Electronic Word of Mouth (E-WOM)
among Kopi Boy consumers. The method used in this research is a quantitative approach with a purposive
sampling technique, namely selecting respondents who have purchased Kopi Boy products or have
provided reviews on social media platforms. The total sample in this study was 112 respondents obtained
through distributing questionnaires using a 1–5 Likert scale. The collected data was then analyzed using
simple linear regression with the help of SPSS version 27 software. The findings of this research show that
there is a positive and significant impact of brand loyalty on E-WOM. In other words, the stronger
consumers' loyalty to Kopi Boy, the higher their likelihood of sharing positive experiences on social media.


