PENGARUH LINGKUNGAN, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN E-COMMERCE PADA PENINGKATAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FEB UPI YAI

  • Bidasari Bidasari
  • Maryati Rahayu Maryati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan, pendidikan kewirausahaan, dan penggunaan e-commerce pada peningkatan minat berwirausaha di kalangan mahasiswa. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan metode asosiatif interaktif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive samplingsebanyak 50 responden yaitu mahasiswa/i FEB UPI YAI Jakarta yang pernah mendapatkan mata kuliah kewirausahaan. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan dengan program SPSS 17.0 for windows diperoleh koefisien determinasi (adjusted r square) sebesar 0,678 artinya kontribusi variabel lingkungan, pendidikan kewirausahaandan penggunaan e-commerce terhadap variasi variabel minat berwirausaha sebesar 67,8% dan sisanya sebesar 32,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian. Berdasarkan uji t, semua variabel memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05, sehingga semua variaabel secara parsial berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Uji ANOVA (uji F) diperoleh nilai signifikansi 0,000. disimpulkan bahwa lingkungan, pendidikan kewirausahaan dan penggunaan e-commerce secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa/i FEB UPI YAI Jakarta.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2019-11-13