PENGEMBANGAN VISUAL CONTENT MARKETING DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT RATE PADA INSTAGRAM UMKM RN BEAUTTY

  • Sutan Maulana Universitas Negeri Medan
  • Dedy Husrizal Syah Universitas Negeri Medan
Keywords: Visual Content Marketing, Engagement Rate, Instagram, UMKM, Model 4D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi visual content marketing yang efektif untuk meningkatkan engagement rate pada akun Instagram UMKM RN Beautty. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat engagement rate akun Instagram @rn_beautty, yaitu sebesar 0,3%, yang berada di bawah rata-rata ideal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate).Tahap Define dilakukan untuk mengidentifikasi masalah, yaitu rendahnya engagement rate, kurang optimalnya penggunaan fitur Instagram, dan inkonsistensi dalam visual branding. Tahap Design berfokus pada perancangan konten visual yang menarik dan sesuai dengan identitas merek. Tahap Develop melibatkan validasi ahli dan penyempurnaan desain konten. Tahap Disseminate adalah implementasi dan evaluasi efektivitas konten yang telah dikembangkan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pengembangan 4D berhasil meningkatkan performa Instagram UMKM RN Beautty secara signifikan. Terjadi peningkatan tayangan (impressions) sebesar +230,6% dan jangkauan (reach) sebesar +335,9%. Interaksi konten juga meningkat pesat, dengan mayoritas interaksi (78,5%) berasal dari non-pengikut. Selain itu, terjadi peningkatan kunjungan profil sebesar +77,0% dan pertumbuhan pengikut sebesar +9,0% dalam satu bulan. Konten video (Reels) dengan tema edukasi dan demonstrasi produk terbukti menjadi format yang paling efektif dalam meningkatkan engagement.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-11-11
How to Cite
Maulana, S., & Syah, D. H. (2025). PENGEMBANGAN VISUAL CONTENT MARKETING DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT RATE PADA INSTAGRAM UMKM RN BEAUTTY. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(3), 941-953. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/5775