Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Pria terhadap Produk Skin Care pada Generasi Z melalui pendekatan Grounded Theory
Abstract
Pasar skincare yang berkembang pesat di Indonesia kini terjadi karena meningkatnya penggunaan produk perawatan kulit oleh segmen pria. Karenanya industri berupaya memperkenalkan berbagai produk yang ditujukan untuk pria. Penelitian ini meneliti faktor-faktor yang dapat mempengaruhi niat beli pria Gen Z pada produk perawatan kulit. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui pendekatan grounded theory untuk mengembangkan teori baru berdasarkan temuan lapangan. Dengan mengumpulkan data melalui teknik Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara mendalam dengan 10 responden, peneliti memperoleh 38 temuan pernyataan, yang diolah menjadi kode dan kemudian diidentifikasi menjadi delapan kategori, yang selanjutnya dikelompokkan menjadi empat tema utama. Pada akhirnya, ditemukan bahwa ada empat faktor yang mempengaruhi minat priaGen Z pada produk perawatan kulit, yang terdiri dari kandungan dan manfaat produk, rekomendasi dari keluarga, teman, influencer, dan juga dokter, serta harga dan keamanan, dan kenyamanan dalam mengkonsumsi produk.


