Pengelolaan Media Sosial Instagram @Infobekasi Sebagai Media Informasi Tentang Bekasi

  • Indah Salsabillah Universitas Islam 45 Bekasi
  • Tatik Yuniarti Universitas Islam 45 Bekasi
Keywords: Info Bekasi, Instagram, Media Informasi, Pengelolaan Media Sosial

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya fenomena yang terjadi yaitu informasi hoaks di tengah masyarakat khususnya media sosial. Dari adanya pemanfaatan media sosial salah satunya instagram sebagai media informasi, maka instagram @infobekasi yang meru-pakan media informasi masyarakat tentang Bekasi perlu dilakukan pengelolaan media so-sial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan media sosial @infobekasi. Teori yang digunakan adalah teori pengelolaan media sosial 4C (Context, Communication, Collaboration, dan Connection) Charis Heure. Metode penelitian ini menggunakan pen-dekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa @infobekasi telah melaksanakan pengelolaan media sosial yang terdiri dari (1) Pengelolaan context (konteks) dengan menggunakan kata-kata tidak berbelit hingga bahasa sehari-hari dan keterangan penjelas agar masyarakat mudah memahami informasi. (2) Pengelolaan communication (komunikasi) dengan menyajikan informasi lengkap hingga penambahan dokumentasi gambar atau video mendukung informasi. (3) Pengelolaan collaboration (kolaborasi) dengan bergabung pada grup whatsapp, masyarakat, media Deni Ardini (Founder Info Bekasi), dan informasi berbayar atau iklan. (4) Pengelolaan connection (koneksi) dengan menjalin komunikasi dua arah, mewadahi kritik dan saran masyarakat, serta kegiatan me-nanyakan kabar dan bermain games.

Published
2023-08-01