Media Pembelajaran E-Modul Kemeja
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk e-modul materi kemeja
dan memperoleh penilaian kelayakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan pada proses
pembelajaran mata kuliah Busana Pria. Penelitian ini sekaligus sebagai wujud implementasi pemanfaatan
teknologi dalam proses pembelajaran di era revolusi industri 4.0 dengan mengembangkan media
pembelajaran yang dapat diakses melalui perangkat digital. Metodologi penelitian yang digunakan adalah
Research and Development (R&D) model 4D. Kelayakan media pembelajaran berdasarkan karakteristik
modul dan elemen multimedia. Serta pendapat pengguna e-modul kemeja yaitu mahasiswa program studi
Pendidikan Tata Busana yang sedang mengikuti mata kuliah Busana Pria. Instrumen penilaian terdiri dari
instrumen berdasarkan karakteristik modul, instrumen berdasarkan elemen multimedia, dan instrumen
untuk mengetahui pendapat mahasiswa selaku pengguna e-modul kemeja. Media pembelajaran e-modul
kemeja memperoleh penilaian yang sangat baik dengan skor 93,75% berdasarkan karakteristik modul dan
99,31% berdasarkan elemen multimedia. Dari keseluruhan penilaian kelayakan menunjukkan bahwa emodul
kemeja memperoleh penilaian yang sangat layak sebagai alternatif media pembelajaran yang
digunakan.