Destination Branding Kampung Gerabah Pagelaran Kabupaten Malang

  • Arya Dharma Pangestu Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia
  • Adita Ayu Kusumasari Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia
Keywords: Destination Branding, Kampung Gerabah Pagelaran, Design Thinking, Strategi Branding

Abstract

Kampung Gerabah Pagelaran di Desa Pagelaran, Kabupaten Malang, dikenal sebagai salah satu
kampung wisata edukasi budaya gerabah dengan banyak potensi. Meskipun menjadi perhatian
pemerintah dalam kebijakan RPJMD, Kampung Gerabah Pagelaran belum memiliki identitas dan
branding yang kuat. Hal ini penting untuk meningkatkan pengenalan wisatawan terhadap destinasi
ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang destination branding Kampung Gerabah Pagelaran
sebagai wisata edukasi guna meningkatkan kesadaran masyarakat dan media terkait potensinya.
Metode yang digunakan adalah design thinking, dianalisis dengan pendekatan 5W+1H. Hasil
analisis digunakan sebagai dasar strategi branding, yang mencakup penentuan skenario brand
promise dan perancangan brand image, diwujudkan melalui brand identity. Brand identity ini
meliputi nama, tagline, logo, dan elemen grafis yang diterapkan pada media utama dan pendukung.
Media utama berupa prototype website, sedangkan media pendukung meliputi stationery set,
seragam, apron, media sosial Instagram, brosur, poster, flyer, billboard, suvenir, sistem penanda,
dan buku pedoman sistem identitas.
Penelitian ini menghasilkan sebuah strategi branding yang diharapkan dapat memperkuat identitas
Kampung Gerabah Pagelaran dan meningkatkan daya tarik wisatawan.
Kata kunci : Destination Branding, Kampung Gerabah Pagelaran, Design Thinking,
Strategi Branding

Published
2024-06-28