Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Daring Terhadap Hasil Belajar dan Kepuasan Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hasil belajar dan kepuasan mahasiswa, dari proses
pembelajaran secara Blended Learning daring, dengan strategi belajar mengajar menggunakan platform
Learning Management system, Zoom, Google Meeting, Vidio Youtube, Whatsapp. Metodologi
penelitian kuantitatif deskriptif, dengan sample 69 mahasiswa. Hasil penelitian, menunjukan bahwa:
hasil belajar secara daring dengan metode praktikum by video Youtube rata-rata 83, dengan tingkat
kepuasan 36% sangat semangat, metode ceramah diskusi presentasi dengan plaform Zoom, mendapat
nilai hasil belajar 77, kepuasan 39% menyenangkan , by LMS dengan nilai 85,47, kepuasan 39%,
diskusi komunikasi dua arah memberikan 32% poin kepuasan mahasiswa, dan poin teknologi media
34% poin. Hal ini menunjukkan bahwa blended leaning daring memberikan inovasi baru dan
kemandirian mahasiswa dalam proses belajar dan pembelajaran.
Kata kunci : Blended Learning, hasil belajar, ilmu tekstil.