FISIPOLY : Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Genially untuk materi Pemanasan Global Kelas X SMA Fase E
Abstract
Fisika sering dianggap sebagai mata pelajara yang sulit karena sifatnya yang abstrak dan
memerlukan keterampilan yang tinggi. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterlibatan dan
pemahamn peserta didik adalah dengan menerapkan gamifikasi dalam pembelajaran. Penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Berbasis Genially , yaitu FISIPOLY
yang mengadaptasi konsep permainan monopoly untukmateri Pemanasan Global kepada peserta
didik kelas X SMA fase E. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D
(Define,Design,Develop, Disseminate). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dan
pendidik sebagai praktisi diikuti dengan uji coba produk terhadap peserta didik kelas X SMA fase
E. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini mendapatkan kriteria sangat baik dalam aspek
materi dan media. Dengan demikian, FISIPOLY Berbasis Genially terbukti layak dan dapat
digunakan untuuk pembelaajran fisika khusunya materi Pemanasan Global.