Evaluasi Kualitas Pada Jasa Transportasi Akap Dan Akdp Di Pt X Dengan Menggunakan Servqual Method Gap 5 Dan Diagram Kartesius

  • Asep muhamad jalal ali Universitas Suryakancana
  • Ali subhan Universitas Suryakancana
Keywords: kualitas pelayanan, jasa transportasi, servqual method gap 5. Diagram kartesius

Abstract

Di era globalisasi ini media transportasi sangat lah berkembang pesat kerena kebutuhan masyarakat
yang terus meningkat Kemajuan dalam sektor transportasi pada umumnya tercermin dalam kualitas
pelayanan yang diberikan oleh instansi sebagai pemberi pelayanan jasa transportasi khususnya pada
perusahaan otobus PT X yang kantor di kabupaten cianjur, adapun permasalahan pada perusahaan
tersebut yaitu kualitas pelayanan yang kurang efektif di PT X oleh karna itu adapun tujuan dari
pennelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kualitas layanan PT X pada bus AKAP dan AKDP
dapat dikatakan sudah memenuhi keinginan konsumen atau tidak dan untuk mengetahui layanan
yang harus diperbaiki pada jasa transportasi di PT X maka penulis melakukan penelitian dengan
servqual method gap 5 untuk mengetahui selisih pada tiap dimensi dan kemudian diperjelas oleh
diagram kertesius untuk mengetahui sejauh mana kinerja atau presepsi perusahaan dengan harapan
konsumen, selanjutnya didapatkan hasil dari perhitungan nilai selisih dari tiap dimensi dengan
selisih positif yaitu tanggible (bukti fisik) dengan nilai 0,99. Assurance (jaminan) dengan nilai 0,47
dan reabillity (keandalan) denang nilai 1,37. Dan kemudian ada 2 dimensi yang belum memenuhi
harapan konsumen yang berarti selisih negarif yaitu empthy (empati) dengan nilai – 0,01 dan
responbillity dengan nilai -0,90.dan kemudian diperjelas pada diagram kartesius terdapat 3 item atau
atribut yang berada pada kuadran A yaitu item (8) bila mana terjadi kecelakaan perusahaan
bertanggung jawab (10) kemampuan perusahaan baik dalam memenuhi kebutuhan konsumen (15)
respon perusahaan bilamana armada bus memiliki kendala atau mogok perusahaan akan
memperbaiki atau menggantinya.
Kata kunci : kualitas pelayanan, jasa transportasi, servqual method gap 5. Diagram
kartesius

Published
2024-06-28