Peran Kelompok Wanita Tani Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM Melalui Digital Marketing di Bandungan

  • Erlina Ainul Fitriyana Universitas Wahid Hasyim, Semarang
  • Restu Afrianto Rahman Universitas Wahid Hasyim, Semarang
  • Ratih Pratiwi Universitas Wahid Hasyim, Semarang
  • Muchamad Purnomo Universitas Wahid Hasyim, Semarang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan pemasaran melalui
digitalisasi marketing pada Kelompok Wanita Tani (KWT) di Bandungan, Semarang. Secara lebih khusus,
penelitian ini menganalisis tolok ukur KWT dalam peningkatan pemasaran, perannya dalam peningkatan
pemasaran dan promosi melalui digitalisasi marketing, bentuk promosi yang digunakan dalam
meningkatkan pemasaran, faktor pendukung serta penghambat KWT dalam memasarkan sayuran, dan
strategi pengembangan untuk memasarkan sayuran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan teknik pengumpulan datanya berupa observasi dan wawancara mendalam kepada para
partisipan KWT di Desa Pakope

Diterbitkan
2024-06-27