Sosialisasi Strategi Branding Untuk Produk Lokal Pada Komunitas Bali Loves Handmade

  • Ossi Ferli STIE Indonesia Banking School
  • Santi Rimadias STIE Indonesia Banking School
  • Slamet Widayanto STIE Indonesia Banking School
  • Ni Putu Mira Virgayanti STIE Indonesia Banking School
  • Eva Yulianti STIE Indonesia Banking School
  • Ayu Ochtavia Rohmah STIE Indonesia Banking School
  • Dian Pratiwi STIE Indonesia Banking School
Keywords: Komunitas, Sosialisasi, Strategi Branding, UMKM

Abstract

Bali Loves Handmade (BLM) merupakan komunitas industri kreatif khususnya kerajinan
tangan. Terbentuk mulai 5 tahun lalu BLM beranggotakan kurang lebih 500 orang yang
berkumpul melalui media sosial facebook dan whatsapp grup. Dari hobi, anggota komunitas
menambah penghasilan melalui penjualan hasil karya. Banyaknya jumlah anggota yang
terutama didominasi oleh para ibu dan beragamnya karya yang dihasilkan membuat para
anggota merasa perlu memahami tentang strategi branding untuk membedakan produk mereka
dengan produk lain. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan memberikan sosialisasi
mengenai strategi membangun branding pada komunitas Bali Loves Handmade. Diharapkan
dengan mengikuti pelatihan mengenai branding ini anggota komunitas BLM memahami strategi
menciptakan branding pada produk yang dihasilkan dan meningkatkan penjualan. Metode yang
digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah dan diskusi.

Published
2022-12-03