Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Pembuatan Digital Comic Strip Bagi Guru Sekolah Dasar
Abstract
Media pembelajaran yang menarik sangat diperlukan untuk meningkatkan motivasi dan
minat siswa dalam belajar. Salah satu media yang dapat dikembangkan adalah Digital
komik strip sebagai penunjang pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Artikel ini
membahas bagaimana penerapan digital komik strip sebagai salah satu alat dalam proses
pembelajaran bahasa inggris yang menarik. Adapun pembuatan digital komik strip ini
dapat meningkatkan interaksi siswa, meningkatkan pemahaman mereka terkait materi
melalui ilustrasi, dan adanya visualisasi yang menarik tentu dapat meningkatkan
antusiasme siswa dalam belajar. Adapun target Pelatihan pembuatan Digital komik strip
ini yakni Guru sekolah dasar yang diharuskan untuk menerapkan teknologi dalam proses
belajar-mengajar. Adapun tujuan dari pelatihan ini yakni, mengembangkan keterampilan
guru dalam membuat media pembelajaran yang menarik minat dan motivasi siswa dalam
belajar. Pengabdian ini menggunakan metode observasi dan pelatihan yang dilakukan
secara langsung. Angket kepuasan pun disebarkan untuk mengetahui tanggapan dan
umpan balik para Guru terkait pelatihan yang telah dilaksanakan. Pelatihan ini
mendapat tanggapan yang positif dari para Guru, dimana melalui pelatihan ini mereka
dapat membuat media pembelajaran yakni Digital komik strip yang memiliki visual
yang menarik dan sesuai dengan materi yang diberikan. Dengan demikian, optimalisasi
pembelajaran bahasa inggris melalui pembuatan digital komik strip ini dapat menjadi
salah satu media penunjang dalam meningkatkan kualitas belajar siswa.