Pemberdayaan UMKM dalam Membangun Brand Indentity Melalui Pemanfaatan Media Sosial

  • Renika Pramesti Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Abigail Patricia Winarta Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Sudevi Mufidah Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Pandu Raga Legawa Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Khina Januar Rahmawati Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Pemberdayaan UMKM, Brand Identity, Media Sosial, Strategi Pemasaran Digital, Pelatihan dan Pendampingan

Abstract

Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu taktik dalam menghadapi tantangan ekonomi setelah pandemi covid bagi masyarakat. Artikel ini membahas program pelatihan dan pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa Public Relations Universitas Persada Indonesia Y.A.I terhadap UMKM Betsu Bara, usaha kuliner khas Jepang di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Program ini bertujuan membantu Betsu Bara membangun
identitas merek yang konsisten dan mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai alat
pemasaran. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan pelatihan langsung
kepada pemilik dan karyawan Betsu Bara. Hasilnya, UMKM Betsu Bara berhasil menciptakan
elemen-elemen brand identity seperti logo, tagline, dan gaya visual, serta mengoptimalkan
penggunaan Instagram dan WhatsApp Business. Program ini membuktikan bahwa penguatan
brand identity dan optimalisasi media sosial dapat meningkatkan daya saing UMKM dalam
menghadapi tantangan era digital.

Published
2025-04-30