Penerapan Aplikasi Animaker pada Pembelajaran Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa

  • Nyayu Lulu Nadya Universitas Tridinanti
  • Falina Noor Amalia Universitas Tridinanti
  • Moh. Wahyu Aminullah Universitas Tridinanti
  • Ahmad Malik Abdul Aziz Universitas Tridinanti
Keywords: animaker, pendidikan karakter, mahasiswa

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam dunia pendidikan untuk
membentuk mahasiswa yang tidak hanya memiliki kompetensi akademik, tetapi
juga nilai moral dan etika. Dalam era digital, pemanfaatan teknologi menjadi solusi
inovatif untuk meningkatkan efektivitas pendidikan karakter. Salah satu aplikasi
yang dapat dimanfaatkan adalah Animaker, sebuah platform pembuat animasi
yang dapat membantu penyampaian nilai-nilai karakter secara menarik dan
interaktif. Mahasiswa sebagai sasasran penerapan teknologi menjadi wadah yang
tepat karena mahasiswa lebih cepat terpengaruh dan terpapar dengan beragam
penggunaan teknologi, khususnya calon guru pada program studi pendidikan
bahasa dan sastra Indonesia FKIP Universitas Tridinanti. Mahasiswa wajib
memiliki kemampuan memahami beragam aplikasi pembelajaran. Animaker
memungkinkan mahasiswa maupun dosen untuk menciptakan konten edukatif
berbasis animasi yang mendukung pembelajaran karakter. Selain itu, Animaker
digunakan sebagai jalan untuk memahami nilai karakter yang divisualisasikan
melalui karakter yang disusun, diberi suara, dan dirangkai menjadi cerita. Isi cerita
harus menekankan pentingnya nilai pendidikan karakter yang memiliki nilai
kejujuran, tanggungjawab, kedisiplinan, kerjasama, kreativitas, dan sikap
menghargai orang lain.

Published
2025-04-30