Penerapan Layanan Desa Bulak Berbasis Mobile Guna Mewujudkan Desa Cerdas dan Mendukung Smart Vilage
Abstract
ABSTRAK
Desa Bulak Kecamatan Jatibarang terletak di Wilayah Kabupaten Indramayu, dengan batas
sebelah utara dengan Desa Bulak Lor, sebelah Timur dengan Desa Sleman Lor, sebelah Barat
dengan Desa Jatibarang dan sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Pilangsari. Desa Bulak
dengan luas Wilayah 306,256 Hektar yang terdiri dari 004 Dusun dengan 008 Rukun Warga
(RW) dan 029 Rukun Tetangga (RT). Desa Bulak memiliki jumlah penduduk berkisar antara
8.745 jiwa. Dengan berkembangnya Desa Bulak tentunya juga membutuhkan pelayanan pelayanan yang lebih optimal, dengan adanya perkembangan teknologi semua desa didorong
untuk berinovasi. Pelayanan administrasi selama ini yang ada di Desa Bulak sendiri bersifat
manual yaitu dengan cara mendatangi kelurahan apabila ada keperluan, dan pihak kelurahan baru melakukan kroscek data apakah orang tersebut benar-benar penduduk Desa Bulak atau bukan. Dengan semakin banyaknya penduduk Desa Bulak maka dibutuhkan pula pelayanan
administrasi surat menyurat yang lebih cepat dan efisien. Dalam kegiatan pengabdian ini akan
menerapkan Pelayanan Elektronik Desa berupa Web dan mobile, dalam kegiatan ini ada lima
tahap diantaranya adalah survei kesediaan mitra, penandatanganan MOU, survei kebutuhan
mitra, evaluasi kebutuhan mitra, evaluasi dan kebermanfaatan Aplikasi. Hasil dari kegiatan ini
diapatkan berupa aplikasi web server untuk sisi admin pemerintah desa dan mobile untuk sisi
client yaitu masyarakat desa Bulak, Dengan adanya aplikasi mobile masyarakat tidak perlu lagi
menunggu dan memastikan apakah perangkat desa ada atau tidak ada dalam melakukan
persetujuan.
ABSTRACT
Bulak Village, Jatibarang District, is located in the Indramayu Regency Region, with the northern border being Bulak Lor Village, the eastern border being Sleman Lor Village, the western border being Jatibarang Village and the southern border being Pilangsari Village. Bulak Village has an area of 306,256 hectares consisting of 004 hamlets with 008 neighborhood associations (RW) and 029 neighborhood associations (RT). Bulak Village has a population of around 8,745 people. With the development of Bulak Village, of course it also requires more optimal services. With technological developments, all villages are encouraged to innovate. So far, administrative services in Bulak Village itself are manual, namely by visiting the sub-district if there is a need, and the sub-district then cross-checks the data as to whether the person is truly a resident of Bulak Village or not. With the increasing number of residents in Bulak Village, faster and more efficient correspondence administration services are needed. In this service activity, we will implement Village Electronic Services in the form of Web and mobile. In this activity there are five stages, including survey of partner willingness, signing of the MOU, survey of partner needs, evaluation of partner needs, evaluation and usefulness of the application. The results of this activity are in the form of a web server application for the village government admin side and a mobile one for the client side, namely the Bulak village community. With the mobile application, the community no longer needs to wait and confirm whether the village apparatus is there or not to carry out approval.