Implementasi Kegiatan Asistensi MBKM Mandiri Di SDN Kembangan Selatan 03 Jakarta Barat
Abstrak
ABSTRAK
Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) atau Asistensi Mengajar Mandiri adalah
program studi pendidikan tinggi yang bertujuan untuk membangun komunitas belajar kreatif dan terbuka yang memenuhi kebutuhan mahasiswanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi terhadap penerapan Merdeka Kampus Merdeka Belajar (MBKM) pada seluruh mahasiswa. Yang dimana, dapat dilihat seberapa baik siswa memahami dan mengetahui sejauh mana pemahaman mahasiswa tentang pelaksanaan program Kampus Merdeka Belajar (MBKM) di perguruan tinggi yang sangat diperlukan dan bermanfaat di zaman saat ini. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan program MBKM memberikan dampak positif pada hal ini, antara lain peningkatan proses pembelajaran untuk melatih hard skill dan soft skill mahasiswa, mencapai hasil pembelajaran lulusan, dan meningkatkan kemampuan pengajar. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi hambatan pelaksanaan program MBKM terkait penyelarasan kurikulum, penyelarasan sistem informasi akademik, dan permasalahan pendanaan mahasiswa.
ABSTRACT
Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) or Independent Teaching Assistance is a higher
education study program that aims to build a creative and open learning community that meets the needs of its students. The aim of this research is to determine the perception of the implementation of Independent Learning Campus Freedom (MBKM) among all higher education students to determine the extent of students' understanding and awareness of this regulation. Implementation of the Independent Learning Campus (MBKM) program in tertiary institutions is very necessary and useful in this day and age. Based on research results, the implementation of the MBKM program has had a positive impact on this, including improving the learning process to train students' hard skills and soft skills, achieving learning outcomes for graduates, and increasing the capacity of lecturers. Apart from that, this study also identified obstacles to implementing the MBKM program related to curriculum alignment, academic information system alignment, and student funding issues.