Hubungan Motivasi Belajar dan Self Efficacy dengan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Psikologi UPI Y.A.I Dalam Masa Pandemi Covid-19

  • Helen Krisdayanti Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Anastasia Sri Maryatmi Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Motivasi Belajar, Self Efficacy, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian kuantitatif ini adalah untuk mengetahui hubungan anatara motivasi
belajar dan self efficacy dengan hasil belajar pada mahasiswa Psikologi Universitas Persada
Indonesia Y.A.I dalam masa pandemi covid-19. Sampel pada penelitian ini berjunlah 144
subjek dengan metode pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur
yang digunakan adalah skala hasil belajar 24 item, motivasi belajar 22 item, dan skala self
efficacy 19 item. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Statistical Product and
Service Solution (SPSS) versi 25.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis korelasi ganda
dengan regresi metode enter antara motivasi belaja dan self efficacy dengan hasil belajar
diperoleh hasil koefisien korelasi (R) sebesar 0,274 dan p = 0,000< 0,05. Hal tersebut
menunjukkan bahwa terdapat korelasi postif antara motivasi belajar dan self efficacy dengan
hasil belajar pada mahasiswa Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I dalam masa
pandemic covid-19. Artinya semakin tinggi motivasi belajar dan self efficacy, maka semakin
tinggi hasil belajar yang akan di dapatkan oleh mahasiswa Psikologi Universitas Persada
Indonesia Y.A.I dalam masa pandemi covid-19.

Published
2021-07-15