Hubungan antara Hardiness dan Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Siswa Kelas XI di SMA Budi Mulia Kota Tangerang
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness dan efikasi diri dengan stres akademik pada siswa kelas XI di SMA Budi Mulia Kota Tangerang. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Budi Mulia Kota Tangerang, sejumlah
180 siswa dan sampel sebanyak 123 siswa. Teknik penagambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dan pengumpulan data menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan tiga skala yaitu skala stres akademik (15 item ? = 0.855), skala hardiness (9 item ? =
0,798), dan skala efikasi diri (10 item ? = 0,864). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara hardiness dengan stres akademik sebesar -0,461 dan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan stres akademik sebesar -0,399. Selanjutnya, hasil analisis data dengan multivariate correlations menggunakan program computer SPSS (Statistical Product and Service Solution) version 25.0 for windows diperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0,478 dan p = 0,000 < 0,05. Hal ini menyatakan bahwa Ha3= Ada hubungan antara hardiness dan efikasi diri dengan stres akademik pada siswa kelas XI di SMA Budi Mulia Kota Tangerang Diterima. Kontribusi hardiness dan efikasi diri dengan stres akademik dari hasil koefisien determinasi (R2) = 0,229 sebesar 22,9% sedangkan sisanya sebesar 77,1% menyangkut sumbangan dari faktor lain yang tidak diteliti.