Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 62 Jakarta Timur
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI IPS SMAN 62 Jakarta Timur. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS di SMAN 62 Jakarta Timur, sejumlah 120 siswa dan sampel sebanyak 115 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik Convenience Sampling dan pengumpulan data menggunakan skala likert. Hasil analisis item yang diperoleh terhadap skala Kepercayaan Diri 30 item dengan 28 item dinyatakan valid dan gugur, skala kedisiplinan 24 item dengan 19 item dinyatakan valid dan 5 item gugur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rx1y sebesar 0,342dan p 0,001 (p 0,05) maka (Ho1) : ditolak dan (Ha1) : ada hubungan signifikan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 62 Jakarta Timur. Hasil analisis data diperoleh nilai rx2y sebesar 0,247 dan p 0,015 (p 0,05) maka Ho2 : ditolak dan Ha2 : ada hubungan signifikan antara Kedisiplinan dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 62 Jakarta Timur. Berdasarkan output model summary, diperoleh nilai R sebesar 0,373 dan R2 sebesar 0,139 dengan p 0,05. (Ho3) di tolak dan (Ha3) terdapat hubungan Kepercayaan Diri dan Kedisiplinan dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 62 Jakarta Timur diterima.