Hubungan Emotional Branding Dan Kepuasan Konsumen Dengan Loyalitas Pelanggan Di Rumah Makan Soto Kaki Dan Daging Sapi Bogor H.Effendi
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara emotional branding dan kepuasan konsumen dengan loyalitas pelanggan di rumah makan Soto Bogor H.Effendi. Populasi penelitian adalah pelanggan soto Bogor H.Effendi dan sampel sebanyak 80 pelanggan. Teknik penagambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling dan pengumpulan data menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan tiga skala yaitu skala loyalitas pelanggan (8 item ? = 0.781), skala emotional branding (20 item ? = 0,891), dan skala kepuasan konsumen (15 item ? = 0,969). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan arah positif emotional branding dengan loyalitas pelanggan pada Soto Kaki dan Daging Sapi H.Effendi sebesar 0,358 dan Terdapat hubungan yang signifikan dengan arah positif antara kepuasan konsumen dengan loyalitas pelanggan pada Soto Kaki dan Daging Sapi H.Effendi sebesar 0,375. Selanjutnya, hasil analisis data dengan multivariate correlations menggunakan program computer SPSS version 22.0 for windows diperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0,508 dan p = 0,000 < 0,05. Hal ini menyatakan bahwa Ha3= Ada hubungan antara Emotional Branding dan Kepuasan Konsumen dengan Loyalitas Pelanggan Rumah Makan Soto Kaki dan Daging Sapi Bogor H.Effendi Diterima. Kontribusi emotional branding dan kepuasan konsumen dengan loyalitas pelanggan dari hasil koefisien determinasi (R2) = 0,258 sebesar 25,8% sedangkan sisanya sebesar 74,2% menyangkut sumbangan dari faktor lain yang tidak diteliti.