Hubungan Emotional Branding Dan Kepuasan Konsumen Dengan Loyalitas Pelanggan Di Rumah Makan Soto Kaki Dan Daging Sapi Bogor H.Effendi

  • Saidatul Hilmah Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Tatiyani Tatiyani Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Konsumen, Emotional Branding

Abstract

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kuantitatif  yang  bertujuan  untuk  mengetahui  hubungan  antara   emotional branding dan kepuasan konsumen dengan loyalitas pelanggan di rumah makan Soto Bogor H.Effendi. Populasi penelitian adalah pelanggan soto Bogor H.Effendi  dan  sampel  sebanyak  80 pelanggan.  Teknik  penagambilan  sampel  menggunakan  teknik convenience sampling dan pengumpulan data menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan tiga skala yaitu skala loyalitas pelanggan (8 item ? = 0.781), skala emotional branding (20 item ? = 0,891),  dan  skala  kepuasan konsumen  (15  item  ?  =  0,969).  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  terdapat hubungan yang signifikan dengan arah positif emotional branding dengan loyalitas pelanggan pada Soto Kaki dan Daging Sapi H.Effendi sebesar 0,358 dan Terdapat hubungan yang signifikan dengan arah positif antara kepuasan konsumen dengan loyalitas pelanggan pada Soto Kaki dan Daging Sapi H.Effendi sebesar 0,375. Selanjutnya,  hasil  analisis  data  dengan multivariate  correlations menggunakan  program  computer SPSS version 22.0 for windows diperoleh koefisien korelasi (R)  sebesar  0,508  dan  p  =  0,000 <  0,05.  Hal  ini  menyatakan  bahwa  Ha3=  Ada hubungan antara Emotional Branding dan Kepuasan Konsumen dengan Loyalitas Pelanggan Rumah Makan Soto Kaki dan Daging Sapi Bogor H.Effendi Diterima. Kontribusi emotional branding dan kepuasan konsumen dengan loyalitas pelanggan dari hasil koefisien determinasi  (R2)  =  0,258  sebesar  25,8%  sedangkan  sisanya  sebesar  74,2%  menyangkut  sumbangan dari faktor lain yang tidak diteliti.

Published
2022-10-31