Hubungan Harga Diri dan Empati dengan Perilaku Schadenfreude Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas X Angkatan 2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan empati dengan perilaku schadenfreude pada mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas X angkatan 2018. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 200 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 121 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga skala, yaitu skala perilaku schadenfreude, harga diri, dan empati. Hasil analisis multivariate correlation antara harga diri dan empati dengan perilaku schadenfreude diperoleh nilai R = 0.775 dengan p = < 0.001 (p < 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif dengan taraf signifikan antara harga diri dan empati dengan perilaku schadenfreude pada mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas X angkatan 2018. Pada analisis data reggresion dengan metode enter menunjukkan bahwa harga diri dan empati memberikan kontribusi sebesar 60% pada perilaku schadenfreude. Sedangkan hasil analisis data reggression dengan metode stepwise, menunjukkan bahwa variabel empati memiliki kontribusi yang lebih dominan sebesar 44% terhadap perilaku schadenfreude.