Hubungan antara Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi di Fakultas Psikologi UPI YAI
Abstract
Pendidikan adalah pembelajaran dan keterampilan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran atau pelatihan. Banyaknya tuntutan dan aktivitas yang harus dilakukan oleh mahasiswa menuntut agar diri mahasiswa memiliki konsep diri. Mahasiswa terkadang jadi merasa ragu akan kemampuan yang dimilikinya apakah ia bisa menyelesaikan skripsinya tepat waktu atau tidak. Namun terkadang ia mendapatkan dukungan semangat dari keluarga dan teman-temannya sehingga dukungan itu dapat membuat semangat dalam dirinya bangkit sehingga dapat melanjutkan skripsinya lagi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi di Fakultas Psikologi UPI YAI. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi di Fakultas Psikologi UPI YAI yang berjumlah 200 responden, dengan sampel berjumlah 127 responden. Teknik pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling untuk mengukur variabel efikasi diri,dukungan sosial dan stres akademik menggunakan SPSS 26.00 for Windows dengan hasil yang diperoleh r = 0,994 dengan F = 4865,882 dan p = 0,000 (p < 0,000) serta menunjukkan bahwa efikasi diriĀ dan dukungan sosial lebih berpengaruh untuk mencegah tingkat stres akademik yang dialami oleh mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi.