Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen Skin Care Emina pada Remaja Putri
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi remaja putri penggunaan skin care untuk menunjang kecantikan
wajah dan menjaga kulit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh citra merek dan
kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen penggunaan skin care Emina pada remaja
putri di SMA Sejahtera 1 Depok. Sampel ini berjumlah 101 responden dengan metode
pengambilan data model likert terdiri dari skala loyalitas konsumen, citra merek dan kepuasan
konsumen untuk teknik sampling menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian secara
simultan didapatkan koefisien regresi (R) sebesar 0,759, dengan nilai F=66,755 dan p=0,000,
dimana p<0,05 terdapat pengaruh antara citra merek dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas
konsumen. Didapatkan pula nilai R square sebesar 0,577, maka kontribusi citra merek dan
kepuasan konsumen sebesar 57,7% terhadap loyalitas konsumen.