Hubungan Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Dengan Intensi Turnover Pada Marketing Di PT.Bestprofit Futures
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komitmen organisi
dan kepuasan kerja dengan dengan intensi turnover pada marketing di PT.Bestprofit Futures. Populasi penelitian
adalah marketing di PT.Bestprofit Futures dan sampel sebanyak 113 marketing. Teknik penagambilan sampel
menggunakan Teknik simple random sampling dan pengumpulan data menggunakan skala likert. Penelitian ini
menggunakan tiga skala yaitu skala intensi turnover (18 item α = 0.879), skala komitmen organisasi (23 item α =
0,896), dan skala kepuasan kerja (20 item α = 0,967). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang
signifikan dengan arah negatif komitmen organisasi dengan intensi turnover pada marketing di PT.Bestprofit Futures
sebesar -0.379 dan Terdapat hubungan yang signifikan dengan arah negatif antara kepuasan kerja dengan intensi
turnover pada marketing di PT.Bestprofit Futures sebesar -0.443. Selanjutnya, hasil analisis data denganmultivariate
correlations menggunakan program computer SPSS version 25.0 for windows diperoleh koefisien korelasi R sebesar
0.499 dan P = 0.000 < 0.05. Hal ini menyatakan bahwa Ha3= “Ada hubungan antara Komitmen Organisasi dan
Kepuasan Kerja dengan Intensi Turnover Pada Marketing di PT.Bestprofit Futures ” Diterima. Kontribusi komitmen
organisasi dan kepuasan kerja dengan intensi turnover dari hasil koefisien determinasi (R2) = 0.249 sebesar 24,9%
sedangkan sisanya sebesar 75,1% menyangkut sumbangan dari faktor lain yang tidak diteliti.