Hubungan antara Penerimaan Diri dan Dukungan Sosial dengan Kesejahteraan Psikologis pada Santri Kelas XI di Sekolah Al-Wildan Islamic School Tangerang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada hubungan antara penerimaan diri dan
dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis pada santri kelas XI Al - Wildan islamic School
Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan tiga variabel yaitu
Kesejahteraan Psikologis, Penerimaan Diri, dan Dukungan Sosial. Populasi dari jumlah santri yang
terdaftar sebanyak 153 orang laki-laki dan perempuan dengan sampel berjumlah 108 orang laki-laki
dan perempuan. Pengumpulan data menggunakan skala likert dan pengambilan sampel
menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian analisis data dengan bivariate correlation
menggunakan SPSS 27.0 for macOS menunjukkan bahwa terdapat hubungan dengan arah positif
yang signifikan antara penerimaan diri dengan kesejahteraan psikologis sebesar r = 0,758 dan p <
0,05 dan terdapat hubungan dengan arah positif yang signifikan antara dukungan sosial dengan
kesejahteraan psikologis sebesar r = 0,799 dan p < 0,05. Selanjutnya, hasil analisis data dengan
multivariate correlation menggunakan SPSS 27.0 for macOS diperoleh koefisien determinasi R
square sebesar 0,701 dan berdasarkan regresi korelasi multivariat diperoleh nilai koefisien korelasi
r = 0,837 dan p < 0,05 yang berarti terdapat hubungan antara penerimaan diri dan dukungan sosial
dengan kesejahteraan psikologis pada santri kelas XI di sekolah Al - Wildan Islamic School
Tangerang.