Media Pembelajaran Pengenalan Bahasa Pemrograman Pada Anak Usia Dini Berbasis Game

  • Agyztia Premana Univ. Muhadi Setiabudi
  • Akhmad Pandhu Wijaya Univ. Wahid Hasyim
  • Robert Rizki Yono Univ. Muhadi Setiabudi
  • Stifada Nurul Hayati Univ. Sebelas Maret
Keywords: Edukasi, Pemrograman, usia dini, media pembelejaran

Abstract

Media pembelajaran adalah suatu teknologi pembawa pesan yang dapat digunakan untuk
keperluan pembelajaran, dan juga merupakan sarana fisik dan komunikasi untuk
menyampaikan materi pelajaran. Media pembelajaran digunakan dengan tujuan untuk
dapat meningkatkan mutu pendidikan. Media pembelajaran merupakan media yang
digunakan dalam proses dan tujuan pembelajaran. Pada hakikatnya, proses pembelajaran
juga merupakan komunikasi, maka media pembelajaran bisa dipahami sebagai media
komunikasi yang digunakan dalam proses komunikasi tersebut. Media pembelajaran memiliki
peranan penting sebagai sarana untuk menyalurkan pesan pembelajaran. Dengan demikian
penggunaan media sebagai penghubung antara pendidik dan peserta didik disebut dengan
pembelajaran. Dengan kata lain, aktivitas belajar yang aktif memerlukan dukungan media
untuk menghantarkan materi yang akan dipelajari. Makna dan fungsi media pembelajaran
dapat membantu memudahkan belajar bagi peserta didik dan pendidik, memberikan pengalaman
lebih nyata (abstrak menjadi konkret), menarik perhatian dan minat belajar peserta didik, dan dapat
membangkitkan menyamakan antara teori dengan realitanya pada ank usia dini. Model
pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan ADDIE,
Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation
(Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).

Published
2022-10-05