Keputusan Berkunjung Wisatawan: Analisis Peran Electronic Word Of Mouth Di Media Sosial Instagram
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti untuk meneliti pengaruh
electronic word of mouth di media sosial Instagram terhadap keputusan berkunjung, survei
pada pengunjung objek wisata Jakarta Aquarium. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh dari electronic word of mouth di media sosial
Instagram terhadap Keputusan Berkunjung di objek wisata Jakarta Aquarium). Penelitian
ini menggunakan teori Computer Mediated Communicatinon (CMC). Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendektan
eksplanatif. Populasi penelitian ini adalah pengunjung objek wisata Jakarta Aquarium
dengan responden 100 orang. Dalam menentukan sampel digunakan metode non
probability sampling dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive
sampling. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder.
Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 25.Hasil penelitian ini adalah
electronic word of mouth di media sosial Instagram memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap keputusan berkunjung di objek wisata Jakarta Aquarium sebesar 40,2%,
sedangkan sisanya 59,8% dipengaruhi variable lain yang tidak termasuk dalam penelitian
ini.