KONSEP DAN STRATEGI PENGEMBANGAN CREATIVE TOURISM PADA KAMPUNG PARIKAN SURABAYA
KONSEP DAN STRATEGI PENGEMBANGAN CREATIVE TOURISM PADA KAMPUNG PARIKAN SURABAYA
Abstract
ABSTRAK
Sebuah kota yang penuh dengan atraksi tidak secara langsung menjadi sebuah destinasi, dibutuhkan
semacam adventure yang sengaja dirancang bagi wisatawan untuk menikmati alam dan budaya dengan
didukung akses bagi wisatawan untuk menuju ke tempat tersebut. Banyak kota-kota maupun destinasi wisata
yang saat ini tidak hanya mengandalkan kemegahan bangunan, monumen dan keindahan alamnya saja namun
lebih kearah mensinergikan dengan seni dan budaya. Seni dan budaya inilah yang akan diintegrasikan kedalam
strategi pengembangan pariwisata maupun perencanaan kota dan dikenal dengan istilah creative tourism atau
creative destination. Pengembangan pariwisata berbasis budaya dengan mengedepankan wisata kreatif banyak
sekali berkembang di wilayah Surabaya dengan cara membuat theme park bagi kampung-kampung yang ada di
Surabaya. Salah satu kampung tersebut adalah Kampung Parikan yang memiliki daya tarik Parikan yang
menjadi ciri khas Surabaya dan menghiasi setiap sudut kampung Bosem, Kelurahan Moro Krembangan,
Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya. Tujuan dalam penelitian ini adalah merumuskan konsep dan strategi
pengembangan pariwisata kreatif. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif,
analisis konten, IFAS EFAS dan matriks SWOT. Hasil analisis IFAS dan EFAS dalam diagram cartesius
SWOT, menunjukkan Kampung Parikan berada pada posisi yang menguntungkan dengan faktor kekuatan dan
peluang yang dominan dan growth strategy sebagai fokus utama strategi pengembangan.