Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Busana di E-Commerce
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai tingkat kepuasan konsumen
terhadap produk busana di e-commerce. Produk busana yang diteliti adalah produk Erigo yang
dinilai berdasarkan faktor kepuasan konsumen yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan,
emosinonal, harga, dan kemudahan di ecommerce dan memberikan informasi terkait faktor apa
yang paling tinggi/memuaskan terhadap tingkat kepuasan konsumen di e-commerce terhadap
produk Erigo. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan
menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Erigo yang berusia
18-34 tahun dan pernah membeli produk Erigo di ecommerce. Adapun produk Erigo yang
dimaksud dalam penelitian ini adalah kaos, jaket, kemeja, dan celana. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengam metode isidental sampling berjumlah
100 orang responden. Uji validitas dan reabilitas dengan cara menyebarkan angket kusioner. Uji
analisis data menggunakan SPSS dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini
menunjukan tinggginya tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Erigo di e-commerce.
Dengan presentase 84,03% untuk kualitas produk, 82,61% untuk kualitas pelayanan, 83,43%
untuk emosional, 84,00% untuk harga, dan 85,85% untuk kemudahan. Faktor yang paling tinggi
dalam kepuasan konsumen di e-commerce terhadap produk Erigo adalah faktor kemudahan, hal
itu disebabkan karena konsumen merasa kemudahan dalam bertransaksi di e-commerce mudah
dipahami dan dapat dilaakukan kapan saja dan dimana saja.