Perancangan Ulang identitas Visual Pada Kedai Kopi Bean Think Deangan Konsep Self Brew Experience

  • Ana Mardiana Universitas Trilogi
  • Ratih Mahardika Universitas Trilogi

Abstract

Industri kopi di Indonesia semakin kompetitif, sehingga identitas visual menjadi elemen
penting dalam membangun citra dan daya saing. Penelitian ini membahas perancangan
ulang identitas visual Kedai Kopi Bean Think di Jakarta Selatan, yang mengusung konsep
Self brew experience. Riset awal menunjukkan identitas lama belum mampu mewakili
konsep brand. Penelitian menggunakan metode lima tahap (Alina Wheeler, 2017):
conducting research, clarifying strategy, designing identity, creating touchpoints,
managing assets. Hasil penelitian menghasilkan identitas visual baru yang menekankan
kehangatan, interaktif, personal, dan berpikir. Identitas ini diaplikasikan pada logo,
kemasan, media sosial, atribut staf, dan media lain. Rebranding ini diharapkan memperkuat
citra Bean Think, meningkatkan daya tarik, serta memberikan pengalaman konsumen yang
konsisten.
.
Kata kunci : Identitas Visual, Rebranding, Branding, Kedai Kopi

Published
2025-11-01