Evaluasi Pembelajaran Matematika Jarak Jauh: A Systematic Literature Review

  • Monita Dwiyani Universitas Cipasung Tasikmalaya
  • Heri Retnawati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nasrudin Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Abstract

Covid-19 memberikan pengalaman baru dan berharga dalam sektor pendidikan. Selama Covid-
19, berbagai wilayah di Indonesia melaksanakan sistem pembelajaran matematika secara jarak
jauh dan mempengaruhi terhadap hasil siswa. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi
pembelajaran matematika jarak jauh dan menilai apakah pembelajaran tersebut masih efektif
dilakukan pada new normal era. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi literatur terstruktur
dengan mengumpulkan berbagai jurnal evaluasi dengan model CIPP (contex, input, process,
product) dan jurnal pendukung terindeks Sinta dan Scopus dengan tahun terbit tahun 2020-2024.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika jarak jauh masih efektif
dilakukan pada new normal era. Beberapa ketentuan yang harus terpenuhi di antaranya
ketersediaan fasilitas media seperti laptop/gadget, jaringan internet yang luas, cepat, dan stabil,
model dan metode belajar yang bervariasi, interaksi guru dan peserta didik, serta penugasan yang
bervariasi. Dengan demikian, pembelajaran matematika jarak jauh dapat menjadi alternatif yang
efektif apabila didukung dengan infrastruktur yang memadai dan strategi pedagogik yang tepat.
Kata kunci : evaluasi, new normal, pembelajaran jarak jauh, pembelajaran matematika

Published
2026-03-01