Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus

  • Lutfi Adriansyah Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Rr. Dini Diah Nurhadianti Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan regulasi emosi dan dukungan sosial
keluarga dengan penerimaan diri orang tua yang memiliki anak berkebtuhan khusus di SLB SD
Negeri 9 Jakarta Utara, menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode analisis korelasi. Sampel
dalam penelitian ini sebanyak 103 individu yang diperoleh menggunakan teknik probability
sampling melalui simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu bivariate
correlation dan multivariate correlation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala
penerimaan diri, skala regulasi emosi, dan skala dukungan sosial keluarga berdasarkan model skala
Likert. Dalam penelitian ini, pengujian daya beda dan reliabilitas menggunakan rumusan koefisien
Cornbach`s Alpha program JASP 18.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Adanya hubungan
regulasi emosi dengan penerimaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SLB
SD Negeri 9 jakarta Utara; 2) Adanya hubungan dukungan sosial keluarga dengan penerimaan diri
orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SLB SD Negeri 9 Jakarta Utara; 3) Adanya
hubungan regulasi emosi dan dukungan sosial keluarga dengan penerimaan diri orang tua yang
memiliki anak berkebutuhan khusus di SLB SD Negeri 9 Jakarta Utara. Regulasi emosi dan
dukungan sosial keluarga memiliki kontribusi terhadap penerimaan diri sebanyak 25,8%, dan
selebihnya terdapat pada variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : Penerimaan Diri, Regulasi Emosi, Dukungan Sosial Keluarga

Published
2026-03-01