Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar merupakan tujuan utama dalam pembelajaran dimana peserta didik
diharapkan menjadi pembelajar aktif dan menghasilkan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini
memiliki dua tujuan yaitu untuk 1). mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap
aktivitas belajar. 2). mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar.
Responden penelitian ini adalah 123 orang mahasiswa STT Global Glow Indonesia, yang
diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui
google form. Analisa data menggunakan regresi linear. Hasil penelitian menunjukan bahwa
1). Terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap aktivitas
belajar 2). Terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar.
Kata kunci : kecerdasan emosional, aktivitas belajar, hasil belajar

