Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Terhadap Kecenderungan Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Pada Lbq Saqurma
Abstract
Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual
terhadap kecenderungan perilaku sosial anak usia sekolah pada LBQ Saqurma. Subjek
penelitian ini adalah anak usia sekolah pada LBQ Saqurma yang berjumlah 82 orang.
Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah teknik sampling jenuh. Data yang
dikumpulkan menggunakan skala perilaku sosial, skala kecerdasan emosional dan spiritual.
Analisis data menggunakan Pearson Correlation Coefficient antara variabel kecerdasan
emosional dan perilaku sosial didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar (rxy₁) = 0,759
yang berarti ada hubungan dengan arah positif antara variabel kecerdasan emosional dan
kecenderungan perilaku sosial. Analisis data menggunakan Pearson Correlation
Coefficient antara variabel kecerdasan spiritual dan kecenderungan perilaku sosial
didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar (rxy₂) = 0,655 yang berarti ada hubungan dengan
arah positif antara variabel kecerdasan spiritual dan kecenderungan perilaku sosial.
Analisis data menggunakan multivariate correlation antara variabel kecerdasan emosional
dan spiritual terhadap kecenderungan perilaku sosial diperoleh nilai R = 0,771 yang berarti
ada hubungan yang signifikan antara variabel kecerdasan emosional dan spiritual terhadap
kecenderungan perilaku sosial.
.
Kata kunci : perilaku sosial, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual