PENGARUH PESAN KAMPANYE PR TERHADAP PENGENALAN MEREK (Survei Pada Followers Akun Instagram @seamakeup.id)

  • Angelia Labora Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Anika Gunasih Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstract

Pertumbuhan pesat industri kecantikan lokal mencerminkan adanya peningkatan daya
saing kosmetik di Indonesia, sehingga mendorong merek untuk melakukan kampanye
Public Relations (PR) di media sosial sebagai sarana memperkenalkan produk dan
membangun identitas merek. Kampanye dinilai cukup efektif dalam menjangkau
konsumen secara lebih luas dan menciptakan hubungan yang lebih personal melalui
pendekatan digital yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pesan kampanye PR terhadap pengenalan merek Sea Makeup di Instagram. Landasan teori
yang digunakan adalah Teori Integrasi Informasi oleh Norman H. Anderson, yang
menyatakan bahwa sikap dan keyakinan individu terhadap suatu objek terbentuk melalui
proses pengolahan dan penggabungan berbagai informasi yang diterima dari berbagai
sumber. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis eksplanatif. Data
dikumpulkan melalui survei terhadap 100 responden yang dipilih menggunakan teknik
purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji korelasi, koefisien determinasi,
regresi linear sederhana, serta uji t untuk mengetahui signifikansi pengaruh variabel. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pesan kampanye PR memiliki korelasi yang sangat kuat
dengan pengenalan merek, dengan nilai sebesar 0,909 dan kontribusi terhadap pengenalan
merek sebesar 82,6%. Adapun, untuk nilai koefisien regresi sebesar 0,916 serta hasil uji t
(21,536 > 1,984) menunjukkan bahwa pengaruh tersebut signifikan secara statistik.
Kata Kunci : Pesan Kampanye PR, Pengenalan Merek

Published
2026-07-01